Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Pada umumnya siapapun pernah berurusan dengan jerawat. Ada bisa menangani dengan tepat sehingga tidak menimbulkan bekas jelek di wajah, namun ada juga yang harus sabar dengan jerawat atau bekas luka yang tidak kunjung sembuh alias bopeng. Lantas bagaimana cara menghilangkan bopeng bekas jerawat? Bagi Anda yang mengalaminya, wajib simak penjelasan berikut.

Kenali Jenis Bopeng

Sebelum melakukan proses penghilangan bopeng, Anda perlu tahu terlebih dahulu jenis scars atau bopeng bekas acne tersebut karena beda jenis akan beda pula cara penanganannya.

  1. Jenis Atrofi, yaitu jenis yang muncul akibat hilangkan jaringan pada kulit. Ada tiga variannya, yaitu:
  • Boxcar

Akibat radang jerawat yang parah, sehingga menyebabkan lubang cukup dalam pada bekas jerawat. Menyebar di area wajah tergantung posisi acne sebelumnya.

  • Icepick

Beda lagi dengan varian ini, dimana bentuk scars menyerupai huruf V, mirip dengan tekstur pori-pori besar namun jumlahnya bisa lebih banyak. Munculnya varian ini, sebagai dampak dari radang di dalam jaringan.

  • Rolling

Bentuk bopengnya seperti gelombang tidak rata, akibat jaringan parut pada kulit yang hilang dan menyebabkan lengkungan.

  1. Jenis Hipertrofi, yaitu muncul akibat berlebihnya jaringan sehingga pada proses penyembuhan jerawat, akan muncul bekas menggembung di area wajah.

4 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Dari beberapa jenis scars di atas, yang manakah bopeng pada wajah Anda? Jika ingin mengatasinya, cek cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berikut.

Cross TCA

Yaitu penggunaan cairan khusus mengandung asam trikloroasetat, yang dimasukkan dalam alat khusus. Kemudian disuntikkan pada area scars tergantung kedalaman dari area bekas acne tersebut. Banyak digunakan untuk penyembuhan jenis icepick, dimana proses tumbuhnya jaringan menjadi lebih cepat dan tepat sasaran.

Chemical Peeling

Langkah ini, ditempuh untuk mengatasi masalah atrofi ketika kulit kehilangan jaringan. Dimana beberapa bahan kimia tertentu akan dioleskan pada bagian wajah dan area bopeng, berfungsi mempercepat pergantian sel kulit yang mati dan kolagen baru pembentuk jaringan.

Penggunaan chemical peeling bisa untuk jenis masalah acne lebih variatif, termasuk untuk mengatasi masalah tanda penuaan. Namun, tidak semua orang bisa sukses menjalaninya karena pada beberapa kasus ada reaksi pada area yang diberi obat. Biasanya, pada pemilik kulit jenis sensitif.

Microneedle

Adalah jenis perawatan mirip akupuntur, dimana jarum-jarum berukuran kecil akan ditusukkan pada area wajah tepatnya di kawasan scars. Fungsinya, untuk merangsang tumbuhnya sel-sel baru pada kulit.

Cocok dipakai untuk mengatasi berbagai masalah bopeng Atrofi dan Hipertrofi, dengan efek negatif lebih minim ketimbang cara kimia.

Microdermabrasi

Merupakan proses menghaluskan kembali permukaan kulit bopeng, dengan teknik tertentu. Biasanya dilakukan oleh ahli kecantikan, menggunakan alat khusus dan durasi yang juga bervariasi tergantung kondisi bekas jerawat.

Sekarang tidak usah khawatir lagi ketika Anda memiliki bekas dari jerawat yang membuat wajah tidak mulus. Tinggal cek cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang tepat, aplikasikan dan wajah akan kembali mulus dan sehat seperti sebelum jerawat menyerang.