Jangan Panik Dulu, Begini Cara Beri Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Sebagian besar dari kita mungkin pernah melihat orang pingsan secara tiba-tiba. Mungkin karena kepanasan ketika mengikuti upacara bendera, sedang sakit, kelelahan, mengalami kecelakaan, atau berbagai faktor lain yang bisa menyebabkan asupan oksigen dari paru-paru menuju otak menjadi tidak lancar. Inilah yang menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran.

Jika kamu melihat atau akan menolong orang pingsan, ada cara yang bisa kamu lakukan sebelum memanggil petugas kesehatan. Kecuali jika orang pingsan akibat kecelakaan dan mengalami pendarahan/ luka berat, maka satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah mencari bantuan dari tim medis agar tidak salah dalam penanganan.

Berikut cara menolong orang pingsan dengan penyebab ringan

1. Baringkan tanpa bantal

Ketika kamu menolong orang pingsan, bawa orang tersebut ke tempat yang teduh dan baringkan tanpa pengganjal bantal di kepala. Tujuannya agar oksigen dalam tubuh dapat mengalir ke otak dengan lancar, sehingga orang pingsan tersebut bisa sadar kembali. Intinya, posisi kepala dan kaki sebisa mungkin lurus.

2. Renggangkan pakaian yang mengikat

Menurunnya kesadaran bisa juga disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat. Misalnya penggunaan dasi yang terlalu mencekik, atau ikat pinggang yang terlalu rapat. Meskipun tidak mempengaruhi aliran oksigen ke otak secara langsung, pakaian seperti ini membuat tubuh harus bekerja lebih keras untuk bernafas. Jadi, ketika menolong orang pingsan, renggangkan pakaiannya.

3. Jangan beri minum sebelum pasien sepenuhnya sadar

Inilah kesalahan yang biasa dilakukan. Ketika orang pingsan membuka mata, bukan berarti dia sudah sadar sepenuhnya. Tunggu beberapa saat, biarkan dia mengatur nafas terlebih dahulu. Baru beri minum. Kamu bisa memberi air putih, teh manis hangat, atau air gula. Minuman manis bisa membantu mengembalikan tenaga.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memberi pertolongan pertama pada orang pingsan. Intinya pingsan disebabkan otak kekurangan aliran oksigen, sehingga kesadaran terus berkurang hingga menyebabkan orang pingsan. Jika kamu sudah merasa mata berkunang-kunang atau pusing, lebih baik duduk/ jongkok hingga kesadaranmu kembali.