Konblok Sebagai Alternatif Pengerasan Jalan dan Dekorasi

Harga konblok saat ini cenderung stabil di pasaran, hal ini dikarenakan hampir tidak ada ruangan yang tersentuh oleh balok. Anda bisa melihat konblok tersebut di pertigaan jalan setapak, kebun, jalan desa, hingga pintu masuk garasi. Batu konblok cukup populer sehingga kadang-kadang dilupakan bahwa nama blok itu sendiri adalah nama merek (Conbloc singkatan dari concrete block atau blok beton). Blok itu sendiri juga dikenal sebagai paving block, paving brick atau paver brick. Secara umum arti ketiganya sama, yaitu bata yang melapisi batu balok.

Material konblok

Bahan konblok Di Indonesia umumnya terbuat dari beton. Secara teknis menurut SNI 030691 1996, batako terdiri dari campuran semen, air dan bahan tambahan (bila ada). Aditif ini tidak boleh mengurangi kualitas beton. Ketebalan balok bervariasi antara 60 mm, 80 mm dan 100 mm (SNI0306911989). Ini yang menjadikan konblok itu sendiri cukup kuat dan tahan lama hingga dapat di pakai dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Penggunaan konblok

Pada umumnya penggunaan balok tidak dapat dipisahkan dari jalan. Balok merupakan material alternatif untuk pengaspalan jalan terutama jalan non jalan raya seperti jalan pemukiman, kawasan industri, taman, trotoar. Selain itu, balok juga sering digunakan sebagai teras dan penutup pintu masuk garasi.

Menurut penggunaannya, balok batu dapat dibedakan menjadi konblok dengan kualitas A, B, C dan kualitas D. Kualitas A, misalnya, cocok untuk jalan, sedangkan trotoar umumnya menggunakan balok berkualitas. C. Sedangkan untuk taman dan area parkir dapat digunakan blok kualitas D dan blok kualitas B. Pengkategorian mutu didasarkan pada tiga faktor, yaitu kuat tekan, ketahanan aus dan daya serap air dan seterusnya.

Keunggulan Konblok

Blok memiliki beberapa keunggulan, baik dari segi kualitas, kekuatan, bentuk, tekstur permukaan maupun warna. Namun, keuntungan utamanya adalah jika ada bagian yang rusak, blok dapat dengan mudah diganti. Umumnya, balok dipilih sebagai bahan lantai karena bentuknya yang menarik, umur pemakaian dan daya tahan yang lama. Sebagai alternatif penutup teras, bahkan balok-balok tidak membuat kolam teras saat hujan, karena air dapat dengan mudah melewati garis samping.

Selain itu Bentuk balok juga bervariasi, yang membuat tampilan lapisan balok menjadi menarik. Anda bahkan dapat memodifikasi bentuknya dengan membuat cetakan balok Anda sendiri. Warna balok tidak hanya beton abu-abu, tetapi juga dapat diwarnai tergantung pada pewarna yang dicampur dalam bahan. Pola pemasangan balok dapat sangat bervariasi, Anda dapat secara praktis mengatur balok sesuai dengan selera pribadi.

Bagi Anda yang ingin menggunakan konblok, Anda bisa memilih beberapa lahan seperti taman, jalan depan rumah dan lain sebagainya. Selain dapat berfungsi sebagai pengerasan jalan, konblok juga dapat berfungsi sebagai dekorasi yang cukup indah. Anda juga bisa menggunakan jasa pancang untuk membantu memasang konblok tersebut.