22 Februari 2024
Makan Legendaris Kawasan Glodok Jakarta

Source:https://www.idntimes.com/food/dining-guide/rosma-stifani/tempat-makan-populer-di-pasar-glodok-jakarta-barat-c1c2

Bagi yang suka kuliner tentu menyantap sesuatu yang baru di tempat makan baru menjadi hal yang harus dilakukan. Apalagi di Indonesia ada banyak sekali menu makanan khas dari setiap daerah yang memiliki cita rasa yang berbeda. Belum lagi tempat makan yang legendaris karena sudah buka dari puluhan tahun yang lalu dan masih bertahan sampai sekarang. Salah satu daerah tempat berkumpulnya makanan legendaris ternyata ada di kota metropolitan tepatnya ada di kawasan pecinan Glodok. Dengan lokasinya yang strategis karena mudah dijangkau dari mana saja dan posisinya ada di pusat kota membuat kawasan ini ramai dari pagi hingga malam hari.

Ada banyak menu makanan yang legendaris dan tidak ditemukan di tempat lainnya. Makanya orang yang berlibur di Ibukota selama beberapa hari selalu meluangkan waktu untuk mencoba beberapa tempat makan sekaligus. Untuk membantu orang-orang yang baru saja ingin pergi ke Glodok maka akan diberitahu beberapa rekomendasi tempat makan legendaris di kawasan Glodok agar tidak salah pilih.

Bakmi Amoy

Rekomendasi yang pertama untuk dicoba adalah Bakmi Amoy yang sudah berjualan sejak 1981 yang menandakan sudah lebih dari 40 tahun menghadirkan mie ayam dengan cita rasa terbaik. Meskipun berada di kawasan yang padat penduduk tapi sudah disediakan meja dan kursi untuk para pengunjung. Jika mendekati jam makan siang maka akan semakin ramai karena kawasan ini dekat dengan perkantoran dan juga pusat bisnis. Menu yang tersedia di sini mulai dari bakmi ayam, bakmi babi, bihun, locupan, nasi campur, dan menu lainnya. Menu yang paling sering dipesan yaitu bakmi daging babi kecap dan charsiu babi merah sehingga tempat makan ini tidak halal.

Gado-Gado Direksi

Rekomendasi yang kedua adalah tempat makan legendaris yang halal dan letaknya juga ada di pecinan Glodok yaitu Gado-Gado Direksi. Tempat makan ini sudah ada dari tahun 1967 dan namanya diambil karena dulu banyak direksi bank yang makan di tempat legendaris ini. Harganya memang agak mahal tapi sebanding dengan bahan-bahan berkualitas yang digunakan seperti kacang tanah yang berasal dari Tuban hingga tambahan bumbu merah yang membuat rasanya menjadi asam dan gurih.

Es Kopi Tak Kie

Tempat selanjutnya yang dibahas adalah Es Kopi Tak Kie yang menjual es kopi sebelum kemerdekaan tepatnya tahun 1927. Sekalipun bangunannya sederhana tetapi mampu menarik minat banyak orang untuk mencoba kopi legendaris ini. Biji kopi yang digunakan berasal dari Lampung dengan proses pembuatan yang lawas. Bagi yang mau kesini maka bisa dari pagi karena buka jam 6 hingga jam 2 siang.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa direkomendasikan tetapi ada baiknya untuk datang langsung ke Glodok dan melihat langsung tempat makan yang tersedia. Biasanya juga orang-orang yang berlibur ke Jakarta dari Jogja menggunakan transportasi umum seperti travel tentunya tidak melewatkan tempat legendaris di atas. Apalagi pesan tiket travel dari Jogja ke Jakarta sudah tidak ribet lagi sejak ada aplikasi Pegipegi. Semua bisa dipesan dengan mudah lewat Pegipegi #JuaraHargaTermurah, termasuk pesan tiket travel Xtrans yang akan mengantarkan penumpang menuju Jakarta dengan nyaman dari berbagai daerah.