Review Honda Civic Ferio yang Disukai Anak Muda Milenial

Sebagian besar anak muda yang menyukai dunia otomotif selalu memilih mobil yang mudah untuk dimodifikasi. Meski tidak modern tetapi memiliki body yang tepat untuk dimodifikasi pasti akan dipilih. Salah satu mobil yang menjadi pilihan anak muda milenial untuk dimodifikasi adalah Honda Civic Ferio.

Review Honda Civic Ferio Yang Disukai Anak Muda Milenial

Kelebihan Civic Ferio Untuk Dimodifikasi

Mobil tahun 1990 hingga 2000 ini ternyata merupakan jenis mobil yang memiliki banyak kelebihan. Meski termasuk mobil tua namun tidak ketinggalan zaman, berikut ini kelebihan honda civic Ferio :

1. Ekterior

Dari sisi ekterior mobil ini memiliki design yang kompak dan menawan di setiap sisinya. Lekukannya halus dan memiliki gril tipis pada bagian depan yang menambah kesan elegan. Pada umumnya, anak muda milenial mengganti jenis gril depan yang krom menjadi sporty.

Gril depan sporty untuk Ferio sudah banyak yang menjual sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Kemudian pada bagian belakang yang terlihat semok biasanya diberikan end plate atau pemecah angin minimalis seperti pada mobil sport.

Meski fungsinya tidak terlalu signifikan namun dapat membuat tampilah mobil lebih sporty. Selain itu pada bagian roda biasanya diganti dengan velg ukuran 15 atu 16 inch. Itulah modifikasi minimalis pada bagian eksterior yang membuat mobil ini menjadi pilihan anak muda. Kelebihan eksterior yang mudah untuk dimodifikasi membuat harga mobil ini cukup stabil di pasaran.

2. Interior

Pada bagian interior mobil ini sudah memiliki design yang modern, sehingga tidak kalah dengan mobil keluaran tahun terbaru. Pada bagian audio sudah doubledin dan dilengkapi dengan laci untuk tempat barang yang kecil seperti kunci rumah atau handphone.

Pada tuas tempat keluar AC juga tidak terlalu jadul, boleh dibilang sudah termasuk design modern. Semua menjadi terlihat elegan dan modern karena warna material yang digunakan pada dashboard berwarna hitam. Biasanya anak muda hanya melakukan modifikasi minimalis pada bagian tempat duduk, setir dan tuas transmisi.

3. Mesin

Untuk sisi mesin, mobil Ferio sudah menggunakan sistem Vtec (Variable Valve Timing Engine Control). Untuk mesin kapasitasnya 1,6L 4 silinder segaris 16 katup SOHC dan dapat menghasilkan tenaga cukup besar yakni 125 hp pada rpm 6400. Dengan komposisi mesin seperti itu tidak heran mobil ini menjadi pilihan anak muda, karena selain bertenaga namun juga irit bahan bakar.

Pada umumnya untuk modifikasi mesin hanya dengan menambahkan turbo atau sedikit merubah input dan output kenalpot menggunakan hider. Cara itu sudah cukup dan dapat dilakukan dengan biaya yang tidak mahal. Hanya kisaran 1 hingga 2 juta saja tergantung jenis bahan yang digunakan.

Kekurangan Civic Ferio yang Harus Diperhatikan

1. Material jok tidak terlalu baik

Hal ini dapat diatasi dengan mengganti cover jok dengan bahan yang lebih nyaman. Sudah banyak yang melayani penggantian pada bagian ini sehingga harganya relatif murah tergantung jenis bahan yang digunakan.

2. Suspensi atau kaki-kaki lemah atau mudah rusak

Selama tidak digunakan untuk jalan yang sangat rusak, kemungkinan untuk rusak tidak terlalu besar. Untuk suspensi memang bahannya tidak sebaik mobil lainnya, namun hal tersebut dapat di atasi dengan penggantian atau perawatan yang tepat.

3. Fitur standart

Dari sisi fitur memang civic Ferio tidak terlalu mewah, hanya disematkan fitur standart saja pada seperti mobil menengah ke bawah pada umumnya.

Itulah review honda civic Ferio yang dapat dijadikan alternatif jika kita menyukai modifikasi mobil minimalis. Untuk harga mobil ini masih di kisaran 60 hingga 70 jutaan tergantung kondisi dan tidak menutup kemungkinan harganya dibawah itu jika kondisinya tidak normal.