15 April 2024

Meskipun terlihat rumit, namun kenyataannya ada banyak sekali manfaat belajar akuntansi. Manfaat ini bisa dirasakan baik dalam urusan sehari-hari maupun karier.

Sebagai contoh, dalam kehidupan sehari-hari, ilmu ini bermanfaat untuk mengatur keuangan atau bisnis pribadi. Sementara itu, dalam sebuah perusahaan akuntan benar-benar dibutuhkan sehingga penting untuk kelangsungan bisnis maupun orang yang ingin berkarier di profesi tersebut.

Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya pada kali ini. Dengan mengetahui manfaat tersebut, Anda akan lebih semangat dalam mempelajarinya.

Apa Itu Akuntansi?

Sebelum ke pembahasan utama, akan lebih baik jika Anda mempelajari hal yang mendasar terlebih dahulu, yakni pengertiannya. Menurut beberapa sumber yang ada, akuntansi merupakan ilmu atau kegiatan untuk mengukur, mengolah, dan menyajikan data terkait aktivitas keuangan.

Keuangan di sini bisa berupa keuangan organisasi, perusahaan, ataupun bisnis kecil. Pada dasarnya, fungsi utama dari akuntansi adalah untuk mengetahui kondisi finansial dari organisasi tersebut, apakah sedang dalam kondisi sehat atau tidak.

Peran Akuntansi dalam Perusahaan

Dilihat dari pengertian di atas, bisa dikatakan bahwa peran akuntansi memang cukup penting. Beberapa poin di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai alat untuk memonitor kemajuan perusahaan
  • Menyajikan kondisi keuangan
  • Diperlukan untuk menghitung aset dan pajak
  • Menjadi bahan pertimbangan investor
  • Mencegah terjadinya korupsi

Dengan peran yang sangat penting, tentu saja banyak orang tertarik untuk mempelajarinya. Apalagi saat ini akuntan memiliki gaji yang cukup besar dengan jenjang karier menjanjikan.

Beberapa Manfaat Belajar Akuntansi

Meskipun rumit dalam mempelajarinya, namun ilmu ini memiliki manfaat yang cukup banyak. Berikut ini beberapa contoh di antaranya.

1. Melatih keterampilan berpikir kritis dan detail

Ketika berbicara tentang akuntansi, maka hal yang akan tergambar di benak adalah sebuah aktivitas pencatatan angka dengan berbagai macam rumus yang rumit. Pandangan tersebut memang ada benarnya sehingga dibutuhkan ketelitian dan ketekunan, baik dalam belajar maupun ketika mengaplikasikannya.

Dengan belajar akuntansi, Anda akan terlatih untuk berpikir secara runut, detail, dan teliti. Hal ini tentu akan sangat berguna meskipun nantinya Anda tidak bekerja di bidang akuntansi lagi mengingat hampir semua pekerjaan dituntut memiliki keterampilan tersebut.

Jadi, tidak ada salahnya untuk belajar akuntansi sejak saat ini meskipun hanya dasar-dasarnya terlebih dahulu. Anda bisa belajar melalui internet, buku, ataupun orang yang sudah berpengalaman di bidang tersebut.

2. Sebagai laporan kepada manajer

Jika manfaat belajar akuntansi sebelumnya lebih ke arah personal, pada kali ini manfaatnya cenderung ke arah perusahaan. Dengan mempelajari ilmu tersebut, perusahaan dapat memiliki acuan untuk melakukan evaluasi terutama di bidang keuangan.

Sebagai contoh, apabila di bulan ini laporan keuangan menunjukkan hasil yang kurang baik, artinya ada hal yang perlu diperbaiki. Sementara itu, jika laporan keuangan baik maka perlu dipertahankan atau jauh lebih baik ditingkatkan.

Inilah sebabnya hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang akuntan. Oleh karena itu, banyak juga yang tertarik untuk mempelajarinya.

3. Menjadi alat untuk mencari investor

Manfaat belajar akuntansi yang terakhir adalah menjadi alat atau sarana untuk mencari investor. Jadi, bisa dibilang setiap perusahaan atau bisnis wajib sekali belajar akuntansi.

Laporan keuangan yang disajikan secara detail akan membuat investor lebih mudah dalam mendapatkan gambaran seberapa prospektif perusahaan tersebut. Apabila hasilnya baik, tentu saja investor akan mau meminjamkan modalnya.

Jadi, bisa disimpulkan manfaat belajar akuntansi cukup banyak sehingga penting untuk dipelajari. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengunjungi GuruAkuntansi.co.id untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar akuntansi.