21 Juni 2024

Berbisnis di bidang pulsa dan kuota internet sebenarnya merupakan hal yang mudah. Akan tetapi, untuk yang masih pemula, sebaiknya mempelajari dulu cara bisnis pulsa bagi pemula agar tidak salah langkah.

Pasalnya, meskipun terlihat sangat mudah, nyatanya usaha pulsa ini persaingan pasarnya sangat ketat. Selain itu, karena keuntungannya kecil Anda memerlukan pembukuan yang baik dan juga detail agar tidak rugi.

Melihat kenyataan tersebut, maka dibutuhkan paling tidak gambaran tentang bagaimana menjalankan bisnis pulsa. Nah, agar Anda yang termasuk masih pemula tidak salah langkah, maka bisa ikuti beberapa cara berikut.

Cara Menjalankan Bisnis Pulsa Bagi Pemula

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bisnis pulsa ini cukup mudah dilakukan. Namun, agar Anda tidak bingung dalam memulainya, maka bisa ikuti cara-cara seperti yang dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

1. Mendaftarkan Diri Ke Distributor Pulsa Terbaik

Langkah awal untuk menjalankan usaha agen pulsa bagi pemula adalah dengan melakukan pendaftaran ke distributor pulsa. Distributor pulsa ini merupakan tempat yang menyediakan produk-produk pulsa, kuota internet, ataupun voucher untuk dijual.

Dalam mencari distributor untuk usaha Anda perlu dilakukan dengan berhati-hati. Pasalnya, tidak sedikit oknum distributor yang tidak bisa dipercaya atau bahkan sampai melakukan penipuan kepada mitranya.

Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan survei dan riset agar Anda menemukan distributor terbaik. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan dapat berjalan lancar tanpa mengalami masalah yang berarti.

2. Jual Pulsa dan Paket Semua Operator

Cara selanjutnya adalah pastikan Anda menjual semua produk pulsa ataupun paket internet dari semua operator seluler yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan agar toko Anda bisa memenuhi semua kebutuhan dari berbagai macam customer.

Selain itu, bisa juga pilihan untuk transaksi pembayaran berbagai kebutuhan seperti PDAM, Listrik PLN, dan jenis pembayaran lainnya. Semakin banyak variasi produk yang ada di toko Anda maka hal tersebut akan semakin baik.

3. Sediakan Banyak Layanan

Selain menjual pulsa dan kuota dari berbagai operator seluler, Anda juga bisa menambahkan beberapa layanan yang bermanfaat. Layanan tersebut tidak hanya pembayaran tagihan air ataupun tagihan listrik rumah saja, tetapi hal yang dibutuhkan sekitar.

Sebagai contoh, Anda bisa juga menambahkan layanan paket SMS, paket Telepon, transfer pulsa, voucher game, dan berbagai layanan menarik lainnya. Banyaknya layanan yang dimiliki tentu akan membuat Anda bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan konsumen.

4. Pasang Harga Kompetitif

Meskipun dalam bisnis ini Anda terbilang masih pemula, namun jangan ragu soal penentuan harga produk yang dijual. Pastikanlah bahwa semua produk yang Anda jual di toko semuanya mempunyai harga yang kompetitif.

Dalam penentuan harga dan margin keuntungan, bisa juga terlebih dahulu Anda melakukan riset pasar. Hal seperti itu dapat membantu Anda dalam mencari harga yang tepat pada berbagai macam produk yang dijual.

5. Hindari Memberikan Hutang

Salah satu risiko yang biasa dihadapi oleh para penjual pulsa adalah adanya pembeli yang berhutang. Apabila hanya dilakukan sesekali saja, tentu hal semacam itu tidaklah menjadi masalah yang berarti.

Namun, khusus bagi Anda yang baru mulai usaha sebaiknya untuk menolak dulu pembelian dengan cara hutang. Pasalnya, hal itu dapat memengaruhi kestabilan modal usaha pada bisnis pulsa yang dijalankan.

Perhatikan dengan baik 5 cara bisnis pulsa bagi pemula di atas agar bisnis Anda berjalan lancar. Selain itu, jangan lupa untuk memilih distributor pulsa terbaik dari Rajapulsa.id agar semua urusan transaksi bisnis Anda sukses.