Cara Ampuh Atasi Kecanduan Bermain HP & Smartphone

Sekarang ini, penggunaan smartphone semakin tidak bisa dilepaskan dari mobilitas kehidupan manusia. Orang orang akan terus menggunakannya dan mengupgradenya ke model handphone terbaru.

Bak candu, seseorang yang bermain handphone akan sulit untuk lepas dan beralih melakukan kegiatan lain.

Menggunakan smartphone secara berlebihan memiliki dampak negatif bagi tubuh manusia. Selain karena akan merusak mata, terlalu lama menggunakan smartphone tanpa mengimbanginya dengan olahraga akan memperburuk kondisi kesehatan tubuh Kamu.

Gangguan kesehatan yang mungkin disebabkan oleh terlalu lama bermain smartphone ini salah satunya adalah kepala menjadi pusing, kelainan postur tubuh, gangguan pendengaran, insomnia, merusak otak, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara ampuh yang mungkin bisa Kamu coba.

1. Hentikan Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur
Menurut penelitian Leslie Perlow, lebih dari 50% pengguna smartphone akan membuka sosial medianya sebelum dan setelah bangun dari tidurnya.

Untuk menjaga kualitas tidurmu, sisihkan paling tidak 30 menit sebelum dan setelah bangun tidur untuk tidak menggunakan smartphone. Sebagai gantinya, kamu bisa membaca buku, melakukan yoga, ataupun melakukan meditasi.

2. Buat Jadwal Penggunaan Smartphone
Langkah selanjutnya yang mungkin bisa dicoba adalah dengan membuat jadwal yang mengatur penggunaan smartphone Kamu.

Diluar jadwal tersebut, lakukanlah hal lain untuk menghilangkan rasa bosan akibat ingin membuka sosial media dan aplikasi lainnya. Patuhlah kepada jadwal yang sudah kamu buat sendiri. Beri sanksi jika Kamu melanggar aturanmu sendiri.

Hal ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kecanduan dalam penggunaan smartphone.

Kamu juga mengatur jadwalmu sendiri, jadi bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuanmu.

3. Sering Sosialisasi dengan Orang Lain
Seperti kata pepatah, smartphone mendekatkan yang jauh, tetapi menjauhkan yang dekat.

Dengan melakukan sosialisasi bersama orang lain, kamu bisa terlepas dari smartphone dan menjadi lebih dekat dengan lingkungan sekitar.

Lakukanlah sosialisasi bersama dengan teman sekolah atau teman sebaya agar kamu tidak melulu menatap ke bawah poselmu.

4. Me Time
Menggunakan me time yang kamu miliki dengan pergi travelling atau sekadar jalan jalan keliling kompleks.

Selain dapat membuatmu sejenak melupakan ponsel, melakukan travelling dapat menyegarkan pikiran dan menambah rasa syukur kamu atas alam indah yang bisa dinikmati secara langsung, bukan melalui foto ataupun video yang bisa dilihat di ponsel.

5. Hapus Aplikasi yang Memancingmu Membuka Smartphone
Selanjutnya, Kamu bisa menghapus aplikasi aplikasi yang membuatmu terpancing untuk menggunakan ponsel. Dengan begitu, sedikit demi sedikit, kecenderunganmu untuk membuka ponsel akan berkurang.

Dengan memberikan waktu pada dirimu sendiri tanpa harus melibatkan HP, terbukti memberikan dampak positif bagi kesehatan dan lingkunganmu. Salah satunya adalah tubuhmu tidak akan mudah merasa capek dan Kamupun dapat bersosialisasi dengan teman temanmu secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *