Coba Periksa Hal-Hal Ini Sebelum Beli Memory Card Baru

Smartphone memang sudah didukung dengan ruang penyimpanan data, akan tetapi ruang penyimpanan internal tersebut terkadang belum memenuhi kebutuhan. Banyak dari pemilik smartphone yang membutuhkan ruang penyimpanan dalam jumlah besar karena memiliki banyak file yang ingin disimpan tanpa perlu menghapus file lama. Untuk mengatasi hal tersebut, membeli memory card adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan. Sayangnya, terkadang memory card tertentu tidak kompatibel dengan smartphone merk tertentu, sehingga Anda harus benar-benar mengecek keadaan smartphone Anda sebelum membeli memory card. Selain hal tersebut, coba periksa hal-hal berikut ini ketika ingin membeli memory card baru.

1. Ketahui Apa Itu SDHC dan Micro SDXC

Bukan hanya memperhatikan apakah di dalam handphone terbaru Anda memiliki slot khusus memory card micro SD atau tidak, tetapi juga pastikan ketika membeli micro SD Anda sudah tahu apa itu SDHC dan SDXC. Hal ini cukup penting sehingga Anda tidak salah beli.

SDHC adalah singkatan dari Secure Digital High Capacity, yang biasanya dapat digunakan menyimpan data hingga 32GB. Berbeda lagi dengan SDXC atau Secure Digital Extended Capacity yang dapat menampung data sebesar 64GB atau lebih. Biasanya, pada smartphone kelas mainstream atau low end tidak mendukung SDXC, sehingga jika Anda membelinya hasilnya akan mubazir. Jika kurang tahu mengenai spesifikasi smartphone Anda, cobalah cari informasinya dulu di internet.

2. Ketahui Kelas Memory Card yang Ingin Dibeli

Masing-masing memory card memiliki kelas tersendiri. Kelas tersebut menunjukkan seberapa kuat kartu tersebut mempertahankan transfer data. Misalnya, micro SD class 2 dan class 10 akan memiliki kemampuan membaca dan menulis data yang berbeda. Pada class 2, berarti kemampuan tersebut mencapai 2Mbps, sedangkan pada class 10 memiliki kemampuan baca-tulis data mencapai angka 10Mbps.

Perlu Anda ketahui juga, jika kartu memori yang cocok dan kompatibel dengan smartphone akan meningkatkan performa smartphone itu sendiri. Namun, memori yang tidak cocok hanya akan menghambat kinerja smartphone dan kemungkinan terburuk Anda mengalami kehilangan data secara tidak disengaja karena adanya eror pada sistem.

Sebelum Anda benar-benar membeli memory card, cobalah untuk memastikan berada besar kapasitas yang dibutuhkan. Jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan ponsel pintar Anda dalam menerima kartu memori tersebut. Selain itu, beberapa memory card dirancang dengan fitur-fitur tertentu. Jika fitur di dalamnya Anda butuhkan, tidak masalah untuk membelinya meskipun harganya pasti akan lebih mahal. Namun, jika tidak ada fitur khusus yang diperlukan, sebaiknya mencari memory card biasa untuk menghemat budget.

Untuk mencegah adanya kerugian karena kerusakan tertentu, cobalah cari memory card bergaransi. Biasanya, memory card dengan merk-merk terkenal memiliki garansi resmi. Selain itu, merk-merk dari memory card populer cenderung memiliki kualitas lebih bagus daripada memory card abal-abal yang tidak jelas merknya apa.

Leave a Reply