Cara Menyusui yang Baik dan Praktis agar Bayi Mau Minum

Air Susu Ibu atau lebih dikenal ASI adalah susu alami dari ibu yang punya lebih dari 200 nutrisi agar bisa memenuhi kebutuhan asupan bayi. Semakin bayi mengalami pertumbuhan, tentu akan mempengaruhi kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati kamu. Tapi, tidak semua ibu bisa memberikan ASI-nya dengan sempurna sehingga mereka harus mencari tahu cara menyusui yang baik.

Buat ibu-ibu muda yang belum mendapatkan cerita pengalaman dari ibu yang lain, tentu akan semakin susah melakukannya. Maka itu, kamu harus simak dulu bagaimana cara memberikan ASI yang baik buat bayi kamu.

Pastikan Kamu Berada pada Posisi yang Tenang dan Nyaman
Sebelum menyusui, sebaiknya pastikan dulu kamu berada pada posisi yang tenang dengan cara duduk yang nyaman. Selain itu, bayi juga harus dalam kondisi yang nyaman agar mereka mau menyusui. Usahakan posisi kepala bayinya diletakan agak menaik agar lebih tinggi dari badannya. Tentu saja posisi itu membuatnya akan semakin lebih gampang menelan ASI-nya.

Kamu bisa menaikan kepalanya dengan menyangganya memakai tangan. Tapi agar lebih gampang lagi kamu bisa mengganjalnya dengan menggunakan bantal. Jangan lupa usahakan kamu sejajarkan hidung bayimu dengan posisi puting payudara kamu.

Usahakan Dekatkan Terus Bayi ke Payudara
Kalau bayi kamu mulai membuka mulutnya dan mau benar-benar disusui, usahakan dekatkan terus bayi kamu ke arah puting payudaranya. Tunggu saja sampai bayi kamu mulutnya terbuka lebih lebar dan lidahnya berada di bawah.

Kalau bayi kamu belum ada tanda-tanda mulutnya terbuka dan mau menyusui, kamu bisa membimbingnya dengan sengaja menyentuhkan lembut puting payudara kamu ke bagian bawah bibir. Lakukanlah jangan tergesa-gesa dan lakukan dengan sabar.

Perlekatan yang Benar
Posisi yang benar bayi menyusui yaitu mulutnya berada di sekitar area bawah puting dan dilakukan selebar mungkin. Jadi, tidak hanya dilakukan di ujung putingnya saja yang tentunya akan membuat ASI susah keluar. Karena itu lebih baik kamu gunakan cara menyusui perlekatan yang benar agar bayi kamu bisa mendapatkan ASI yang cukup.

Dengan perlekatan ini, kamu bisa mengetahui berbagai kondisi dengan tepat. Kalau sudah baik, artinya kamu tidak terasa nyeri sama sekali saat buah hati kamu sedang menyusui. Berbeda kalau puting kamu merasa sakit, maka kamu harus mengganti posisinya dengan lebih nyaman dan tidak usah kaku.

Betulkan Posisi Bayinya
Seperti yang tadi sudah disebut, kalau perlekatannya salah, tentu puting kamu akan terasa lebih ngilu. Kamu yang sudah mulai terasa nyeri, lebih baik kamu gunakan cara menyusui yang paling umum yaitu membetulkan posisi bayinya. Kamu yang sudah mulai terasa nyeri perlu memasukan jari kelingkingmu dengan dalam bibir bayi kamu dan taruh di tengah-tengah gusi.

Dengan gerakan tangan itu, kamu bisa dengan cepat membetulkan posisi bayi kamu dengan benar. Lalu, lakukan perlekatan yang benar agar kamu tidak terasa nyeri lagi. Usahakan dalam posisi duduk yang tenang dan nyaman.

Waktu Menyusui
Normalnya, bayi akan menyusui ASI ibunya selama kurang lebih 5 sampai 40 menit. Tapi lamanya menyusuinya masih tergantung dari kebutuhan ASI-nya. Kalau bayi kamu diposisikan pada kondisi yang tidak nyaman, tentu mereka butuh waktu yang lama buat menyesuaikannya.

Setelah bayi kamu mencopot putingnya, segera ganti ke posisi yang nyaman. Tapi kalau buat yang baru saja lahir, kamu harus rajin-rajin memberikan ASI setiap 2 sampai 3 jam.

Menyusui sebenarnya bukan hal yang susah. Hanya saja karena ternyata masih banyak yang belum berhasil melakukan pemberian ASI pada bayinya, tidak ada salahnya kamu juga ikut membacanya. Lebih lengkapnya, coba saja kamu lihat di website https://www.generasimaju.co.id/5-cara-menyusui-yang-benar-dan-praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *