Liburan ke luar negeri adalah impian bagi sebagian besar orang. Sementara, sebagian yang lain melakukan perjalanan ke luar negeri karena rutinitas pekerjaan atau yang lainnya. Nah, saat pergi ke luar negeri, pasti ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari paspor dan yang tak kalah penting adalah kartu internet yang akan digunakan. Ya, jika di Indonesia Anda menggunakan paket internet Smartfren, maka sinyal tersebut akan otomatis hilang saat tiba di negara lain. Namun, dengan menerapkan beberapa panduan berikut ini, sinyal internet Smartfren akan kembali muncul.

Perlu Anda tahu, paket internet Smartfren yang berlaku di luar negeri disebut dengan paket roaming. Tersedia paket roaming pascabayar dan prabayar. Anda bisa cek promo Smartfren roaming selengkapnya di situs resminya. Kali ini, kita hanya akan mengulas bagaimana cara daftar paket roaming Smartfren. Terlebih dulu, cek roaming partner yang bisa Anda akses di website Smartfren. Jika tersedia, lanjutkan pendaftarannya. Persyaratannya, metode pembayaran dilakukan melalui kartu kredit.

Langkah selanjutnya, lakukan pengisian formulir aplikasi international roaming di galeri Smartfren terdekat. Sekali lagi, cek list galeri Smartfren di websitenya ya. Proses pendaftaran tersebut menyangkut persetujuan pembayaran tagihan dengan auto debit kartu kredit. Untuk aktivasi paket roaming internasional ini, pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun, kecuali biaya materai sebesar Rp6.000 yang digunakan pada formulir aplikasi sebagai bentuk persetujuan metode pembayaran autodebit. Setelah pengisian formulir aplikasi selesai, lakukan pergantian kartu untuk layanan LTE internasional roaming. Anda harus mengganti kartu Smartfren saat ini dengan kartu Smartfren yang mendukung layanan tersebut. Tenang saja, biaya pergantian kartu ini nol rupiah alias gratis.

Apakah layanan internasional roaming ini akan langsung aktif? Berdasarkan informasi yang tertera pada laman website resmi Smartfren, Anda harus menunggu paling lambat 1 hari kerja. Apabila permintaan aktivitas diterima oleh Galeri pada hari Jumat, maka aktivitas tersebut akan bisa diakses pada hari Senin berikutnya. Jadi, persiapkan dengan baik supaya tidak bengong di luar negeri ya!