Bunda, Mari Mengenal Kebutuhan ASI Bayi Anda!

ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi, khususnya bayi baru lahir. Namun terkadang, banyak dari para ibu yang belum mengetahui berapa sebenarnya takaran ASI yang harus diberikan untuk sang bayi. Nah, kali ini kita akan membahas kebutuhan ASI bayi yang tepat, simak penjelasannya dibawah ini.

Tujuh Hari Pertama

• Hari pertama, anda bisa memberikan ASI bagi bayi anda sebanyak 7 ml, atau jika ditakar menggunakan sendok teh, 1 sendok teh lebih.
• Hari kedua, anda bisa memberikan ASI bagi bayi anda sebanyak 14 ml atau jika ditakar menggunakan sendok teh, kurang lebih 3 sendok teh.
• Hari ketiga, anda bisa memberikan ASI bagi bayi anda sebanyak 38 ml.
• Hari keempat, anda bisa memberikan ASI bagi bayi anda sebanyak 58 ml.
• Hari kelima, keenam, hingga hari ketujuh, anda bisa memberikan ASI bagi bayi anda sebanyak 65 ml.

Untuk frekuensi menyusu pada bulan pertama, si kecil harus menyusu antara 8-12 kali per harinya. Nah, setelah menginjak usia 2 bulan, frekuensi menyusu akan berkurang menjadi kurang lebih 7-9 kali per hari. Takaran ASI akan semakin meningkat secara bertahap dari sang bayi dilahirkan hingga berusia beberapa bulan setelahnya.

Sampai Usia 2 Tahun

• Bulan pertama, anda bisa memberikan ASI bagi bayi anda rata-rata antara 60-118 ml per hari.
• Bulan kedua sampai keempat, anda bisa memberikan ASI bagi bayi anda rata-rata antara 119-147 ml per hari.
• Bulan kelima, anda bisa memberikan ASI bagi bayi anda rata-rata antara 119-177 ml per hari.

Bulan keenam sampai kedelapan, pemberian ASI akan berbeda karena di usia 6 bulan keatas, bayi tak hanya membutuhkan ASI untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Sehingga kebutuhan ASI pun akan terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Anda dapat memberikan tambahan makanan serta minuman bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi anda.

Pada usia 6 sampai 8 bulan, bayi membutuhkan ASI lebih dari 148 ml dengan frekuensi menyusu 4-6 kali per hari. Saat bayi menginjak usia 9-11 bulan, frekuensi menyusu akan berkurang sekitar 4-5 kali perhari. Usia 12-24 bulan, frekuensi menyusu hanya kurang lebih 3 kali saja per hari.

Bagaimana bunda, kini sudah memahami berapa kebutuhan ASI bayi anda bukan? Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan