Cara Tepat Menabung agar Cepat Kaya

Dari kecil kita sudah diajarkan untuk menabung. Orang-orang dahulu sering berkata menabunglah agar menjadi kaya. Hal itu memang benar karena daripada uang dihambur-hamburkan sampai habis, akan lebih baik ditabung agar bisa digunakan di masa mendatang. Berikut ini adalah beberapa cara menabung yang bisa Anda lakukan supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Cara Menabung yang Bisa Anda Coba

1. Tabungan 20 ribu
Cara menabung ini susah-susah gampang. Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, hasilnya akan luar biasa. Seperti namanya, tabungan 20 ribu pada prinsipnya adalah ketika Anda memiliki uang lembaran Rp20.000,00, Anda wajib menyimpannya. Untuk tempat penyimpanan, Anda bisa menggunakan botol bekas atau benda-benda lainnya.

2. Tabungan Rp2.000,00
Mungkin menyimpan Rp20.000,00 masih terlalu besar untuk Anda dan bisa digunakan untuk aktivitas yang lain. Jika demikian, Anda bisa mencoba cara yang lebih sederhana, yakni menyisihkan uang Rp2.000,00. Tantangan dari metode ini adalah Anda akan sangat sering mendapat uang Rp2.000,00 entah itu dari kembalian atau apapun sehingga Anda akan sering-sering menabung.

3. Tabungan receh
Metode menabung ini jauh lebih sederhana lagi. Prinsipnya, setiap mendapat uang recehan, entah itu Rp100,00, Rp200,00, Rp500,00, atau Rp1.000,00, Anda wajib menyimpannya. Biasanya Anda akan mendapat uang receh ini dari kembalian belanja. Daripada recehan tersebut hilang, lebih baik Anda simpan. Jika Anda melakukannya dengan tekun, hasilnya akan sangat membuat Anda terkejut.

4. Metode 70 20 10
Jika ketiga cara menabung pertama lebih kepada jumlah yang ditabung, cara ini lebih berdasarkan pada porsi yang ditabungkan. Berapapun penghasilan Anda dalam sebulan, alokasikan terlebih dahulu 10% untuk ditabung, 20% untuk membayar cicilan atau membayar hutang, dan 70% digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kesalahan banyak orang ketika hendak menabung adalah masalah prioritas. Orang akan lebih sering menabung dari uang yang tersisa. Akibatnya, jumlah yang ditabung akan sangat sedikit, bahkan terkadang tidak ada karena sudah digunakan untuk keperluan lain. Dengan mengalokasikan 10% tepat ketika penghasilan masuk, jumlah tabungan akan menjadi lebih konsisten.

5. Investasi
Investasi merupakan cara menabung paling baik. Ungkapan menabunglah untuk kaya memang benar, namun lebih tepat adalah investasila untuk cepat kaya. Salah satu keunggulan investasi adalah uang Anda akan terus bertambah dan kebal terhadap inflasi. Beberapa instrumen investasi yang bisa Anda coba adalah reksa dana, saham, atau logam mulia seperti emas.

Itulah beberapa cara menabung yang bisa Anda aplikasikan di kehidupan Anda. Cara manapun yang Anda pilih sama baiknya antara satu dengan yang lain. Yang perlu diperhatikan adalah, lakukan cara tersebut secara konsisten. Menabung bukan hanya aktivitas bulanan, namun bertahun-tahun. Konsistensi adalah kunci dari keberhasilannya. Tanpa konsistensi, hasil yang Anda dapat tidak akan maksimal.

Leave a Reply