Kenali Dulu Karakteristik Emas Agar Tak Salah Pilih

Emas merupakan salah satu logam mulia dan berharga tinggi, tak heran karena ketersediaan emas di alam cukup terbatas. Emas bersifat lunak, mudah dibentuk, serta memiliki warna-warna yang menarik, dan harga emas hari ini mencapai Rp 849.567 per gramnya.

Dewasa ini, emas termasuk dalam instrumen investasi yang banyak dipilih. Pasalnya, investasi emas cenderung minim risiko, bersifat likuiditas atau mudah dicairkan, dan juga nilainya stabil.

Sebelum memulai untuk investasi logam mulia yang satu ini, Anda perlu mengetahui bahwa emas memiliki berbagai macam berat, warna, dan juga karat. Dari setiap berat, warna, dan karat tentu memiliki nilai yang berbeda pula. Karena itulah Anda perlu memahami hal-hal tersebut agar nantinya tak berujung pada kerugian.

Tips membeli emas yang benar dan tepat

Berat Emas

Indonesia menggunakan satuan rupiah per gram ataupun rupiah per kilo gram untuk emas. Logam mulia yang diproduksi oleh ANTAM (PT Aneka Tambang Tbk) dipasarkan dalam bentuk emas batangan. Emas batangan tersebut memiliki satuan mulai dari 1, 2, 2.5, 3, 4, 5, 10, 25, 50, 100, 250, hingga 500.

Warna Emas

Rupanya emas tak hanya berwarna kuning, namun ada pula yang berwarna putih hingga rose gold. Perbedaan warna tersebut terjadi karena kadar logam campuran dan logam mulia yang terkandung di dalam emas.

1. Emas kuning

Emas kuning merupakan warna alami emas dan tampak berkilauan kuning. Yang dimaksud dengan emas logam mulia merupakan emas 24 karat.

2. Emas putih

Emas putih dibuat dengan memadukan emas kuning dengan logam nikel, tembaga, seng, ataupun mangan. Perhiasan emas yang memiliki warna putih membuat penampilannya tampak lebih menarik, bagus, dan juga berkarakter. Umumnya emas putih dilapisi dengan Rhodium agar tampilannya lebih cerah dan berkilau.

3. Rose Gold

Rose gold merupakan emas yang berwarna pink, memiliki karakteristik yang romantik dan cantik. Emas yang satu ini dibuat dengan memadukan logam emas dan tembaga.

Karat Emas

Selain berat dan warna emas, Anda juga wajib memahami tentang karat emas. Karat merupakan sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas akan diukur berdasarkan dari jumlah persentase emas murni yang terkandung di dalam logam tersebut.

Standar karat kadar emas menurut SNI 13-3487-2005 adalah :
24 K = 99,00 – 99,99%
23 K = 94,80 – 98,89%
22 K = 90,60 – 94,79%
21 K = 86,50 – 90,59%
20 K = 82,30 – 86,49%
9 K = 78,20 – 82,29%
18 K = 75,40 – 78,19%

Dimana Tempat Menabung dan Jual Beli Emas Terpercaya?

Setelah mengetahui mengenai karakteristik emas, hal yang tak kalah penting adalah menentukan tempat terpercaya untuk membeli emas yang akan digunakan untuk investasi. Sehatigold merupakan tempat tepat untuk menabung serta jual beli emas yang menawarkan kemudahan di manapun dan dalam bentuk apapun.

Beli emas dapat dengan mudah dilakukan secara online, bahkan Anda dapat membeli emas mulai dari 0,01 gram di mana saja dan kapan saja. Tak hanya beli, Anda juga dapat menjual emas dengan mudah, di mana saja dan kapan saja. Pasalnya dalam satu hari kerja uang Anda akan langsung cair.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menukar tabungan emas yang Anda beli di sehatigold.com menjadi emas batangan dan emas logam mulia, menarik bukan?

Demikianlah karakteristik emas yang wajib Anda ketahui sebelum memulai untuk jual beli emas maupun berinvestasi emas. Semoga informasi di atas bermanfaat.