Kram Perut Dapat Diatasi Dengan 4 Cara Ampuh Ini

Dysmenorrhea atau kram perut saat menstruasi adalah rasa nyeri yang berdenyut di perut bagian bawah. Kondisi ini terjadi karena adanya kontraksi dari otot uterus. Saat otot-otot tersebut menekan pembuluh darah, yang membuat oksigen jadi berkurang yang menimbulkan rasa sakit atau kram saat menstruasi. Kram ini banyak dialami oleh para wanita baik sebelum maupun sesudah periode menstruasi. Sakit yang timbul karena kram perut umumnya dirasa tidak nyaman bagi para wanita, bahkan bisa sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Biasanya untuk meredakan nyeri para wanita memilih untuk beristirahat dan tidur. Tapi terkadang hal tersebut dirasa tidak cukup untuk menghilangkan rasa sakit dan tidak nyamannya kram perut. Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan untuk meringankan rasa sakit akibat kram perut saat haid terjadi :

1. Kompres Air Hangat
Kompres air hangat pada bagian perut bawah atau abdomen dapat mengurangi rasa sakit. Anda dapat menggunakan botol yang diisi dengan air hangat sebagai alat kompres. Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan kram saat menstruasi. Bisa juga menggunakan pad yang mengeluarkan sensasi hangat saat ditempel, lebih praktis dibandingkan harus menggunakan handuk yang dicelup ke air panas. Saat ini sudah ada pad praktis, untuk info selengkapnya dapat klik disini di https://ifreeindonesia.com/

2. Pijatan
Pijatan yang berfokus di abdomen, punggung dan bagian samping badan selama 15 menit dapat menurunkan kram sebanyak 90 persen. Anda juga dapat menggunakan essential oil yang dapat memberi efek tenang pada pikiran.

3. Jaga Pola Makan
Hindari makanan yang menyebabkan air berlebihan dalam tubuh atau kembung. Hindari mengonsumsi hal lain seperti minuman berkarbonasi, kafein, makanan berlemak, alkohol dan makanan dengan garam berlebih. Makanan tersebut merusak tingkat gula darah serta memperburuk kram menstruasi.

4. Olahraga
Otot yang sehat akan mengurangi rasa sakit saat kontraksi otot uterus terjadi. Maka, biasakan untuk berolahraga setiap secara rutin. Jalan kaki atau yoga dapat dilakukan saat menstruasi terjadi. Olahraga menimbulkan endorfin yang membuat pikiran tenang dan mengurangi kram menstruasi.